Bimbingan TAPM Residensial 1 (BTR 1) merupakan salah satu tahapan yang harus dilalui oleh mahasiswa. Mahasiswa yang mengikuti kegiatan ini berjumlah 35 mahasiswa, terdiri dari 18 mahasiswa Program Magister Pendidikan Dasar (MPDr) dan 17 mahasiswa Program Magister Administrasi Publik (MAP), yang diselenggarakan pada hari Sabtu dan Minggu tanggal 25 dan 26 Februari 2017, di kantor UPBJJ-UT  Palembang. Meski melalui rute yang cukup jauh, mahasiswa MPDr dari kelompok belajar Sekayu, Musi Banyuasin, serta mahasiswa MAP dari kelompok belajar Lubuklinggau. Selain peserta BTR 1, pada kesempatan ini ada satu orang mahasiswa yang mengikuti kegiatan Ujian Sidang TAPM.

 

Rangkaian kegiatan dimulai dengan pembukaan oleh Kepala UPBJJ-UT Palembang, Ir. Adi Winata, M.Si, yang menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih atas kehadiran para Pembahas Ahli, Pembimbing dan mahasiswa. Beliau juga menekankan pentingnya disiplin terhadap waktu penelitian, mengingat mahasiswa hanya memiliki waktu 2 bulan untuk merampungkan pengumpulan data di lapangan.

 

 

Setelah kegiatan pembukaan, mahasiswa melakukan presentasi di ruangan yang sudah disiapkan. Pada ruang Ujian Sidang TAPM program MAP yang diikuti oleh 1 mahasiswa Okta Marisa, Ketua Komisi Ir. Adi Winata, M.Si, Penguji Ahli Prof. Dr. Yulianto, MS, Penguji 1 Dr. Raniasa Putra, M.Si dan Sekretaris Komisi Steven Anthony, S.I.P.,M.Si. Hasil Ujian Sidang langsung diumumkan seusai presentasi mahasiswa, serta proses tanya jawab dengan Komisi Penguji TAPM dengan predikat Lulus.

 

Khusus program MPDr, ini merupakan BTR 1 pertama yang diselenggarakan di UPBJJ-UT Palembang. Sedangkan bagi program MAP, kegiatan ini merupakan BTR 1 angkatan ketiga. Meski begitu, kedua kelompok mahasiswa senada memperlihatkan rasa haru bercampur cemas namun penuh semangat untuk tampil prima di depan Pembahas Ahli dan Pembimbingnya masing-masing.

 

 

Pembahas ahli yang didatangkan dari Universitas Negeri Jakarta adalah Prof. Dr. Yufiarti, M.Psi dan Dr. Elindra Yetti, M.Pd, untuk program studi MPDr. Bertindak sebagai Pembimbing sekaligus Moderator di masing-masing ruangan adalah Dr. Saleh Hidayat, M.Si, Dr. Rusydi A Siradj, M.Pd, dan Ibu Dr. Aisyah AR, M.Pd, serta Dr. LR Retno, M.Hum.